M-Cuy

Perjuangan Tanpa Kekerasan

In Sejarah on June 23, 2009 at 5:19 pm

files.phpJika kita mendengar kata perjuangan, pasti yang terpikir adalah perang, banyak tembakan, bunyi bom, gedung hancur, dan sebagainya.

Apakah anda telah mengenal Mahatma Gandhi ?

Ya, dia adalah seorang pemimpin perjuangan kemerdekaan yang tidak menggunakan senjata atau kekerasan dalam berjuang. Dia merupakan seorang tokoh yang sangat terkenal dan istimewa, bukan hanya di negerinya, tetapi juga di internasional. Berkat perjuangannya, India merdeka pada tahun 1947.

Pada waktu itu India dijajah oleh Inggris. Nah, bagaimana caranya melakukan perlawanan tanpa kekerasan? Salah satu contohnya, Gandhi menganjurkan agar rakyat India tidak mau membeli barang-barang keperluan yang dijual orang Inggris.

Seorang penjajah punya tujuan bukan sekedar menjajah begitu saja. Ujung-ujungnya adalah duit. Karena banyaknya warga India pada saat itu, otomatis kebutuhannya pun semakin banyak. Sehingga para penjajah itu menetapkan harga sesuka hati mereka dan mereka mendapat untung yang banyak. Jika warga India tidak membelinya, maka Inggris akan rugi. Gandhi mengajak para penduduk untuk senantiasa hidup sederhana. Misalnya untuk kebutuhan pakaian, lebih baik dibuat dengan tangan sendiri. Jangan membeli dari Inggris.
Gandhi mengatakan bahwa setiap bangsa harus memperjuangkan hak-haknya. Tetapi tidak melakukan pelanggaran terhadap hak-hak dasar orang lain, yaitu hak orang lain untuk hidup.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: